Penetapan Dalam Perekrutan PPS Dinilai Tidak Adil

0 181

Madina,Tintarakyat.Com – Penetapan untuk calon Panitia Pemilihan Suara (PPS) di Mandailing Natal dinilai tidak adil dan penuh kejanggalan. 

Warga yang berasal dari kecamatan Puncak Sorik Marapi yang tidak disebutkan namanya kepada Tintarakyat.Com di Aek Godang Panyabungan, Senin (23/01/2023) menjelaskan bahwa saat mengikuti ujian tertulis PPS dia mendapatkan nilai yang memuaskan sedangkan nilai wawancara tidak diketahui karna tidak ada keterbukaan namun entah bagaimana yang terpilih malah nilainya yang dari peringkat rendah.

Sebagai contoh mereka memperlihatkan di Desa Huta Baringin Julu ada yang nilainya 90 namun yang lolos adalah yang mendapatkan nilai saat ujian tertulis 52, sedangkan di tempat lain untuk desa Hutanamale yang mendapatkan nilai 90 tidak lolos sedangkan nilainya yang hanya 68 namun lolos.

Mereka menilai penetapan dari KPU untuk PPS tidak adil dan dinilai hanya seleksi hanya sebagai pormalitas semata karna untuk peringkat nilai yang tinggi belum tentu lolos sedangkan yang nilai rendah bisa lolos tanpa diketahui dari mana dasar penetapannya karna tidak adanya transparan untuk nilai saat wawancara calon PPS.

Lebih lanjut mereka mengatakan sempat didatangi dan di iming-imingi seolah akan menang dalam penetapan PPS supaya mereka tidak lupa akan jasa yang memasukkan mereka nantinya.

Sementara itu peserta dari kecamatan yang lain juga merasa janggal bahwa yang ditetapkan jadi PPS tidak ada dari peringkat satu, dua dan tiga sehingga dia merasa seakan dicurangi dan negara ini kejam.

KPU Mandailing Natal sebagaimana diberitakan hayuaranet mengatakan bahwa tidak ada pengaruh nilai tertulis terhadap nilai wawancara dimana sebelumnya setelah KPU melalui Facebook mengumumkan terkait PPS yang lolos seleksi menuai banyak komentar dan reaksi.

Hingga berita ini dinaikkan penetapan seleksi PPS oleh KPU Mandailing Natal masih jadi perbincangan hangat. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!